Senin, 17 Oktober 2011

latihan mengelola hasil wawancara menjadi berita II

HIMAGRO ADAKAN PELATIHAN HORTIRARIUM

Yogyakarta (16/11). HIMAGRO (Himpunan Mahasiswa Agroteknologi,red) UMY mengadakan pelatihan bertanam hortirarium (seni awetan sayur dan buah, red) dan terrarium (bertanam dalam gelas,red). Pelatihan ini diadakan dilaboraturium pasca panen dengan peserta mahasiswa dari jurusan Agroteknologi.

“Pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan kreativitas kita dalam hal pengolahan limbah. Disini kita diajarkan bagaimana mengolah barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi barang yang bernilai dan berdaya jual tinggi. Selain meningkatkan kreativitas bisa juga untuk menambah penghasilan kita.” tutur Rahmat ketua panitia pelatihan tersebut.

Dalam pelatihan tersebut ada dua point penting yang disampaikan. Yang pertama Hortirarium yaitu seni awetan sayur dan buah yang sudah tidak terpakai (tidak laku,red) kemudian diawetkan untuk dijadikan sebagai hiasan rumah. Adapun tempat hiasannya adalah dari botol bekas minuman atau yang sejenisnya. Kedua jenis barang tersebut ketika sudah diolah bisa menghasilkan omset yang besar.

Kemudian yang kedua yaitu Terrarium atau bertanam dalam gelas. Pada materi ini peserta diajarkan begaimana bertaman dalam gelas dan mengenal jenis-jenis tanaman yang cocok misalnya kaktus, sukulen, desertarium atau taman gurun pasir. Selain itu peserta juga diajarkan bagaimana cara merawat terrarium yang baik.

“Asyik dan menyenangkan. Kita menjadi banyak tahu bagaimana berkreasi dari hal yang biasa menjadi luar biasa serta bagaimana memanfaatkan barang yang tidak berguna menjadi indah dan menguntungkan.” kata Amel salah seorang peserta pelatihan.

Pelatiahan tersebut  sangat penting bagi mahasiswa terutama jurusan Agroteknologi, karena banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari peserta.

0 komentar:

Popular Posts

Info Muda Mendunia

Diberdayakan oleh Blogger.